Viral Swafoto di Makam BJ Habibie, Keluarga Tak Masalah

publicanews - berita politik & hukumPeziarah berebut berswafoto di makam BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. (Foto: media sosial)
PUBLICANEWS, Jakarta - Keponakan BJ Habibie, Adrie Subono, tak mempermasalahkan banyaknya peziarah yang berebut swafoto di makam Presiden ke-3 RI itu.

"It's okay," kata Adrie kepada wartawan usai ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (15/9).

Promotor musik itu menilai perilaku peziarah masih wajar. Ia mengambil sisi positif, bahwa pamannya akan mendapat ketenangan berkat doa-doa dari para peziarah setiap hari. Selain itu, sebagai bentuk warga yang ingin memberikan penghormatan kepada Bapak Teknologi Indonesia itu.

"Mereka datang ke sini juga untuk memberikan doa, ngirim doa. It's okay. Mereka juga tertib kan di sini, gak masalah," Adrie menambahkan.

Setelah BJ Habibie wafat, puluhan hingga ratusan peziarah terus berdatangan ke makam Habibie dan Ainun Habibie. Mereka datang untuk berdoa dan membacakan surat Yasin. Setelah itu, mereka mengabadikan momen tersebut dengan berswafoto.

Aksi tersebut menjadi viral ketika seorang warganet mengunggahnya ke media sosial. Ada pula yang menyayangkan aksi para peziarah sebagai tak pantas dilakukan saat momen Indonesia masih berduka. Mereka berebut demi narsis di media sosial.

Menteri Sosial Agus Gumiwang bahkan turun tangan. Ia menginstruksikan petugas keamanan melarang kegiatan swafoto tanpa izin.

"Kita tempatkan dua orang satpam di samping makam selama sebulan. Makam Pak Habibie bukan hanya untuk berselfie-selfie dengan nisan," kata Agus saat dikonfirmasi.

Agus menegaskan larangan itu agar aktivitas swafoto tidak menganggu peziarah lain yang fokus berdoa. "Kami tidak pernah mempersulit bagi peziarah. Kami minta masyarakat tertib," Agus menjelaskan.

Petugas TMP Kalibata mencatat pada 13 September jumlah peziarah sebanyak 150 orang. Pada 14 September meningkat menjadi 690 orang. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top