Papua

Polri Tangkap Ketua KNPB Mimika Steven Itlay

publicanews - berita politik & hukumKetua KNPB Mimika Steven Itlay diamankan di Mapolda Papua. (Foto: Dok Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Polri menyatakan telah menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mimika, Steven Itlay. Menurut Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Steven memiliki kedakatan dengan tokoh perjuangan rakyat Papua yang saat ini menetap di Inggris Benny Wenda.

"Diduga terkoneksi dengan BW (Benny Wenda)," kata Dedi di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Steven, ia menambahkan, diduga menggerakkan massa yang berpotensi menimbulkan kerusuhan di Papua pada 29 Agustus 2019 lalu. Dedi mengatakan, Steven diduga membantu mengatur pergerakan KNPB Mimika dan Sentani untuk melakukan aksi massa. Ia memerintahkan seluruh pimpinan KNPB wilayah untuk turun ke jalan melakukan demo.

Ia pernah berperkara dengan pihak berwajib atas kepemilikan bahan peledak pada Oktober 2012. Pada 2016, Steven ditangkap karena kasus makar. Sejak September 2018 ia berstatus buron.

Tersangka Makar Papua Buchtar Tabuni Ditangkap

Polisi berhasil menangkap Steven di gerbang Universitas Cendrawasih, Jayapura, Rabu pukul 17.56 Wita. Ikut diamankan dua orang lainnya yang bersama Steven saat itu.

Petugas menyita barang bukti berupa 4 unit ponsel, uang tunai Rp 5,5 juta, 1 flash disk, dan 1 mobil. Saat ini Steven dan kedua rekannya sedang menjalani pemeriksaan di Mako Brimob Papua.

Sebelumnya, tokoh Papua Buchtar Tabuni juga ditangkap. Buchtar merupakan Wakil Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP). (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top