Dilaporkan ke Mabes Polri oleh Pengusaha Batu Bara, Ini Kata Kapolda Bengkulu

publicanews - berita politik & hukumKapolda Bengkulu Brigjen Supratman. (Foto: bengkulekspresc.com)
PUBLICANEWS, Jakarta - Kapolda Bengkulu Brigjen Supratman dilaporkan ke Mabes Polri atas dugaan merampas lahan tambang batu bara di Kabupaten Bengkulu Tengah. Pelapornya adalah pemilik PT Bara Mega Quantum Nurul Awaliyah, Kamis (22/8) kemarin.

Perampasan ini merupakan buntut perseteruan Bara Mega Quantum dengan Trio Bersaudara. Menurut Nurul, Kapolda Supratman berada di belakang Trio Bersaudara.

Menanggapi laporan tersebut, Supratman mengatakan bahwa tindakannya sebatas mencegah terjadinya konflik. "Kita tidak punya kepentingan apa-apa, supaya tidak terjadi bentrok ya kita lakukan seperti itu," ujar Supratman, seperti dilansir tribratanewsbengkulu.com, Jumat 23/8).

Dalam laporannya ke Irwasum Mabes Polri, Nurul juga menyeret Karo Ops Polda Bengkulu Kombes Dede Alamsyah dan Direktur Reskrimum Kombes Pasma Royce.

Supratman menilai upaya yang ditempuh Nurul sangat tepat. Menurutnya, Polda Bengkulu sudah mengimbau kedua pihak yang bersengketa menempuh jalur hukum. Keputusannya dilakukan Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Apapun hasil itu nanti kita akan ikuti, justru dari dulu kita imbau seperti itu supaya polemik ini tidak berkepanjangan," ujar Supratman.

Ia kembali menegaskan, Polda Bengkulu murni melakukan pencegahan dari potensi konflik sengketa lahan tambang yang merusakan ketertiban.

Nurul dalam laporannya menyertakan rekaman video dan foto soal dugaan perampasan lahan tambang oleh Dinmar Najamudin, Agusrin Matyono Najamudin, dan Sultan Bachtiar Najamudin dari Trio Bersaudara.

Pada 19 Agustus, Polda Bengkulu memobilisasi 280 personel ke lokasi sengketa berdasarkan Surat Perintah Kapolda Bengkulu, yakni Sprin/1389/VIII/PAM.3.3/2019.

Polisi kemudian mengamankan 34 keryawan PT Bara Mega Quantum yang berusaha melindungi lokasi pertambangan miliknya. Sementara terhadap karyawan Trio Bersaudara tidak ada tindakan apapun. Hal inilah yang dinilai sebagai polisi 'membantu' Trio Bersaudara. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top