Kriminalitas Jakarta

Tiga Bos Developer Bodong Tipu 400 Pembeli Apartemen

publicanews - berita politik & hukumTiga tersangka penipuan apartemen fiktif. (Foto: FWP)
PUBLICANEWS, Jakarta - Polisi mengamankan tiga orang atas dugaan kasus penipuan penjualan Apartemen Ciputat Resort, di Tangerang Selatan awal Juli 2019. Ketiganya adalah AS, KR, dan PJ.

Dua pelaku merupakan direktur utama pengembang PT MMS, yakni AS dam KR. Sementara PJ adalah pengendali proyek apartemen fiktif tersebut.

"Mereka adalah pengembang fiktif dari kelompok Bekasi yang sudah beroperasi dua tahun," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto dalam gelar kasus, Kamis (22/8).

Ia menjelaskan, pelaku menawarkan unit apartemen melalui brosur dan menjanjikan bonus-bonus besar. Korban tergiur untuk membayar uang muka.

Sebagian bahkan ada yang sudah melunasi Rp 150 juta sesuai harga pemasaran, namun apartemen tersebut tak kunjung jadi alias fiktif. Salah satu pembeli, Christina Laura, merasa curiga adanya upaya penipuan. Dia mewakili 26 dari 455 konsumen melaporkan dugaan penipuan pada April 2019.

Oleh pihak pengembang awalnya mereka dijanjikan penyerahan kunci pada awal 2019, namun sejauh ini tak ada pembangunan. Para tersangka pun menghilang.

"Setelah dicek ternyata apartemennya enggak ada. Total kerugian sekitar Rp 30 miliar," Suyudi menjelaskan.

Setelah ditelusuri, ternyata PT MMS yang berdiri 2016 lalu belum mengantongi ijin mendirikan bangunan (IMB). Suyudi meyakini masih ada tersangka lain.

"Modus seperti ini masih berlangsung, kita pantau daerah-daerah seperti di Jakarta, Pamulang, Bogor, Depok, dan Bekasi," ia menambahkan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah22 Agustus 2019 | 19:25:10

    Penjarakannnnnn...

Back to Top