Papua Bergejolak, Kantor DPRD Dibakar

publicanews - berita politik & hukumMassa mebakar Gedung DPRD Manokawari, Senin (19/8). (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Polri mengakui terjadi aksi demo di Papua Barat sejak Senin (19/8) pagi ini. Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut aksi masa terkonsentrasi di Gedung DPRD Papua di Manokwari dan Jayapura. Namun, ia belum bisa merinci sejauh apa kerusuhan itu terjadi.

"Saya belum ada dapat update beberapa titik di jalan yang diduduki massa," ujar Dedi kepada wartawan di kantornya, pagi ini.

Aksi massa dilakukan warga secara spontan, mereka berbaur dengan mahasiswa yang memadati Jalan Trikora Wosi, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Merdeka Manokwari. Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotan menyebutkan, massa menutup hampir semua ruas jalan di Manokwari.

Sementara itu, Kapolda Papua Barat Brigadir Jenderal Herry Rudolf belum bersedia memberi keterangan.

43 Mahasiswa Papua Dibawa Polisi Diduga Merusak Merah Putih

Hingga menjelang siang ini situasi di Papua Barat mencekam. Kantor DPRD dibakar peserta demo. Bahkan, aparat kesulitan mengendalikan situasi.

Berdasar laporan, warga pendatang di Papua melindungi diri, polisi mengimbau agar mereka tidak keluar kota.

Kabar yang beredar, kerusuhan tersebut sebagai protes atas dugaan persekusi dan rasisme terhadap mahasiwa Papua di Surabaya, Malang, dan Semarang beberapa waktu lalu. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top