Tuntut Merdeka, Aksi Mahasiswa Papua di Malang Ricuh

publicanews - berita politik & hukumAliansi Mahasiswa Papua (AMP) di Jawa Tumur. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Malang - Bentrok antar puluhan mahasiswa asal Papua dengan warga Malang, Jawa Timur, kembali terjadi. Kali ini mereka saling lempar batu yang mengakibatkan beberapa orang dari kedua kubu mengalami luka. Keributan dipicu aksi mahasiswa yang melakukan blokade jalan.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengatakan, keributan antara mahasiswa peserta aksi dan warga sudah bisa diredam. "Mereka yang terluka juga langsung dibawa ke rumah sakit untuk pengobatan,” ujar Afuri dalamn keterangannya, Kamis (15/8).

Mahasiswa Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP), Asfuri menambahkan, telah dibubarkan. Jalan yang semula diblokade sudah normal kembali.

Jangan Terprovokasi Kericuhan Warga dan Mahasiswa Papua

Dalam aksinya ini AMP mendesak pemerintah Indonesia memberikan kebebasan bagi rakyat Papua untuk menentukan sendiri nasibnya. Mereka menuding Pemerintah melanggar Pasal 18 dalam Newyork Agreement yang diteken pada 15 Agustus 1962 silam.

Bentrok antara AMP dan warga Malang pernah terjadi pada 1 Juli 2018. Saat itu warga mencoba masuk ke asrama mahasiswa Papua di Dinoyo Gang 8, Jalan MT Haryono, Lowokwaru, saat mereka menonton film tentang Gerakan Papua Merdeka. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top