Kriminalitas Jakarta

Polda Metro Sita Barang Selundupan Senilai Rp 67 Miliar

publicanews - berita politik & hukumKosmetik, makanan, suku cadang kendaraan, dan barang elektronik bernilai Rp 67 miliar asal Tiongkok yang diselundupkan dari Malaysia, (Foto: FWP)
PUBLICANEWS, Jakarta - Polri membongkar penyelundupan kosmetik, makanan, suku cadang kendaraan, dan barang elektronik bernilai Rp 67 miliar asal Tiongkok. Empat orang ditangkap, yakni PL (63), H (30), EK (44), dan AH (40). Jaringan ini sudah beroperasi cukup lama.

"Ada yang sudah 8 tahun melakukan penyelundupan kosmetik," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono dalam gelar kasus di kantornya, Rabu (14/8).

Kasus ini terungkap dalam tiga tahap, pada 27 Juli, 29 Juli, dan 7 Agustus 2019. Barang-barang tersebut dibawa masuk ke Indonesia tanpa izin Balai POM dan izin edar.

Barang masuk melalui Malaysia lewat jalur darat menggunakan truk dan jalur laut singgah di Pelabuhan Pasir Gudang, Johor, dan Kuching, Serawak.

Truk memasuki wilayah Jagoi Babang, Kalimantan Barat, lalu ke Pontianak. Dari sana dibawa ke Pelabuhan Dwikora, kemudian ke Pelabuhan Tegar (Marunda Center) di Bekasi.

"Dipasarkannya di Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi, Jawa Tengah. Kalau di Jakarta dipasarkan di Asemka," Gatot menjelaskan.

Jaringan ini memasukkan barang ke Indonesia satu kali dalam sepekan. Oleh karena itu, menurut Gatot, negara mengalami kerugian puluhan miliar rupiah.

"Kalau pelaku masukin 4 kali dalam sebulan itu bisa mencapai Rp 68 miliar. Kita kalikan saja setahun itu bisa Rp 818 miliar. Kalau 8 tahun ada Rp 6,4 triliun," katanya.

Adapun polisi menyita 1.024.193 buah kosmetik dan obat-obatan berbagai jenis dan merek, lalu 4.350 bungkus bahan pangan. Kemudian 774.036 buah suku cadang dan 48.641 berbagai jenis barang elektronik.

Selain itu sejumlah kendaraan truk besar jenis Fuso terparkir di halaman Polda Metro Jaya. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top