Kriminalitas Surabaya

Polisi Panggil Oknum Kemenag dalam Penipuan Calon Jemaah Haji

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi calon haji
PUBLICANEWS, Surabaya - Setelah mengantongi nama oknum pegawai Kemenag Jatim dalam dugaan penipuan calon jemaah haji, pekan depan polisi akan melakukan pemanggilan. Oknum tersebut adalah Syaifullah, namanya muncul dalam pemeriksaan tersangka koordinator perekrut calon jemaah Murtaji Junaedi dalam pemeriksaan di Mapolda Jawa Timur.

"Senin atau Selasa yang bersangkutan akan dipanggil, kita cross check kepada Junaidi dan kita konfrontir," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera kepada wartawan di kantornya, Surabaya, Jumat (9/8).

Polisi sekedar mempertemukan pelapor dengan terlapor. "Masih kita panggil sebagai saksi terlapor. Kita akan membuka kasus ini secara formil maupun materiil," Frans menambahkan.

Junaedi mengaku terbujuk Syaifullah yang meminta pembayaran dengan dalih pemberangkatan calon haji bisa lebih cepat. "Mungkin sudah ada contoh dan diyakinkan oleh oknum tersebut sehingga tersangka main percaya aja," Frans menjelaskan.

Tanpa berpikir panjang, Junaedi menyetor sejumlah uang ke rekening Syaifullah. Setelah mentransfer Junaedi curiga ada unsur penipuan dalam kasus ini. Oleh karena itu ia melapor ke Polda Jatim.

Sementara hari ini, polisi telah memanggil saksi ahli dari Kementerian Agama. Sejauh ini polisi sudah memeriksa beberapa saksi korban. Mayoritas korban sudah membayar mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 35 juta ke Junaedi.

Dari 59 calon jemaah haji yang berhasil diperdaya tersangka, delapan orang sudah membatalkan mendaftar. Jadi total korban yang telanjur tertipu ada 51 orang. Total kerugian hingga Rp 850 juta. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top