Polisi Pastikan Bachtiar Nasir dan Haikal di Arab Saudi

publicanews - berita politik & hukumUstad Bachtiar Nasir (tengah) bersama Rizieq Syihab. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Polisi sudah melayangkan panggilan berulang kepada Ustad Bachtiar Nasir dan Haikal Hasan, tetapi keduanya mangkir. Polisi memastikan keduanya berada di Arab Saudi.

"Polri kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri, Imigrasi, dan Kedutaan Besar, berdasarkan pantauan, beliau-beliau itu masih di Arab Saudi," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (6/8).

Polri telah melayangkan pencekalan terhadap Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) itu. Namun, kata Dedi, Bachtiar sudah ke Saudi sebelum keluarnya surat cekal.

Pemimpin Pesantren Ar-Rahman Qur’anic College itu telah menjadi tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan pengalihan dana Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS) pada Mei 2019 lalu. Bachtiar diduga melakukan TPPU dana sumbangan masyarakat sekitar Rp 3 miliar.

Namun, Bachtiar membantahnya. Uang tersebut, katanya, digunakan untuk mendanai Aksi 411 dan Aksi 212 pada 2017. Uang juga disalurkan untuk bantuan bencana di Aceh dan Bima, Nusa Tenggara Barat.

Sementara Haikal hendak dimintai keterangan atas kasus dugaan pelanggaran Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Mantan anggota Juru Bicara Prabowo-Sandiaga Uno itu juga diduga melakukan penghinaan kepada penguasa. Sesuai Pasal 14 ayat 2 dan 1 dan Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 207 KUHP. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top