PDIP Akan Dukung Putra Jokowi Nyalon Walikota Solo

publicanews - berita politik & hukumPresiden Joko Widodo dan putra sulungnya Gibran Rakabuming. (Foto; Akurat)
PUBLICANEWS, Solo - Dua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, berniat maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Walikota Solo 2020. Keduanya bakal disokong oleh PDIP.

Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, partainya selalu terbuka bagi siapapun yang ingin bertarung di pilkada. "Termasuk kalau Mas Gibran juga ingin mencalonkan diri," ujar Walikota Solo, Jawa Tengah, itu.

Bila berminat, Rudy menambahkan, Gibran tetap harus mengikuti mekanisme sesuai juklak dan junis dari DPP PDIP. Menurutnya, menjadi walikota tidak cukup mengandalkan popularitas, melainkan juga punya akseptabilitas dan elektabilitas.

Menurut Survei Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Sueakarta, popularitas Gibran dan Kaesang berada di peringkat teratas dibanding tokoh-tokoh berpotensi sebagai walikota di Solo. Popularitas pengusaha martabak itu bahkan mencapai 90 persen, mengalahkan Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo dan Ketua DPRD Kota Surfakarta Teguh Prakosa.

Namun, dari segi akseptabilitas dan elektabilitas, Gibran hanya memperoleh dukungan 49 persen dan 13 persen, jauh di bawah Achmad dan Teguh. Survei dilakukan Unisri di 96 lokasi.

Jokowi pernah menyingung soal kemungkinan anak-anaknya mengikuti jejak di pemerintahan. "Kalau tahu-tahu besok pagi bilang, 'Pak saya kepingin jadi wali kota', siapa tahu. Minggu depan bilang, 'Pak saya siap jadi wali kota.' Kalau ditanya itu, saya akan bilang, ya jadi saja," kata Jokowi kepada sebuah media onlone nasional, pertengahan Juli 2019 lalu. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. de'fara @shahiaFM26 Juli 2019 | 20:17:56

    Buah jatuh tidak jauh dari pohonya ... Itu ibarat buat putra pak jokowi. Artinya sebagai anak mantan walikota solo, ada peluang besar.

Back to Top