Penuhi Nazar Amien Rais, Lilik Jalan ke Jakarta Bawa Wayang Sengkuni

publicanews - berita politik & hukum Lilik Yuliantoro mengawali jalan kaki menuju Jakarta dari Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Senin (22/7). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Yogyakarta - Lilik Yuliantoro, pemuda asal Desa Ketangor, Blora, Jawa Tengah, 'mewakili' Amien Rais menunaikan nazar berjalan kaki ke Jakarta untuk menemui presiden terpilih Joko Widodo. Ia memulai start dari Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Senin (22/7).

Berbekal air mineral dan makanan di ransel, ditambah uang Rp 50 ribu, Lilik berjalan kaki seorang diri.

"Berhubung Bapak Amien Rais sudah tua, untuk itu saya terketuk dari hati untuk melaksanakan, menggantikan nazarnya beliau," ujar Lilik, pagi tadi.

Aksi jalan kaki tersebut, ia menambahkan, semata agar tidak ada lagi janji Ketua Dewan Penasihat PAN yang tertunda. "Saya belum sowan ke Pak Amien untuk melaksanakan aksi ini, namun kalau ada waktu saya mau bertemu," katanya.

Mengenakan kaus lengan panjang dan kain diikat di kepala, Lilik mengalungkan kertas bertuliskan 'Aksi Jalan Kaki Jogja-Jakarta Menggantikan Nadzar Amin Rais'.

Pria yang mengaku bukan anggota partai politik mana pun ini membekali diri dengan bendera merah putih dan sepucuk surat yang hendak diserahkan kepada Jokowi.

Selain surat, Lilik juga membawa wayang kulit Sengkuni yang ingin diserahkan kepada Jokowi. Soal sosok Sengkuni yang merupakan tokoh licik yang suka menghasut Kurawa agar memusuhi Pandhawa itu, Lilik hanya berbicara pendek ia menyukai wayang.

Jalan kaki sejauh 500 kilometer itu bakal ia rampungkan selama 22 hari melalui jalur Magelang, Temanggung, Banjarnegara, dan seterusnya. Ia menargetkan bisa sampai di Jakarta pada 17 Agustus 2019.

Lilik berharap dalam perjalananya akan membawa titipan aspirasi dari daerah-daerah yang dilaluinya dan selanjutnya akan diserahkan kepada Presiden.

Diketahui, Amien Rais pernah menyampaikan nazarnya pada Pilpres 2014. Mantan Ketua Umum PAN itu menyatakan siap berjalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta jika Joko Widodo terpilih menjadi Presiden RI. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top