Kriminalitas Blitar

Pengunggah 'Jokowi Mumi' Jadi Tersangka

publicanews - berita politik & hukumPolisi menunjukkan dokumen Ida Fitri. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Blitar - Ida Fitri, pemilik akun Instagram Aida Konveksi yang mengunggah ilsutrasi mumi mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi), akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

"Terlapor memenuhi unsur-unsur dalam pasal penaggaran UU ITE," kata Kapolresta Blitar AKBP Adewira Negara Siregar di Mapolresta Blitar, Jawa Timur, Senin (8/7).

Polisi telah melakukan gelar perkara. Setelah penetapan ini, Ida akan kembali dipanggil untuk menjalani pemeriksaan. "Soal ditahan atau tidak menjadi kewenangan penyidik," Adewira menambahkan.

Pemuiik butik Malang di Blitar ini dilaporkan admin IG info_seputaran_blitar melalui unggahan di media sosial pada Senin (1/7) sore.

Melalui kuasa hukumnya Oyik Rudi Hidayat, Ida sempat berkelit bahwa gambar yang ia unggah sebagai karya seni. "Gambar itu didesain sedemikian rupa sehingga menjadi karya seni. Sehingga klien saya tidak berpikir panjang untuk menyebarkan kembali di beranda media sosialnya," kata Rudi.

Dalam unggahannya itu, Ida menambahkan tulisan 'The New Firaun'. Selain gambar mumi, Ida juga mengunggah gambar baju kebesaran MK tetapi berkepala anjing.

Ida kemudian meminta maaf atas unggahan tersebut. Ia menepis bahwa ada niat untuk menghina Presiden Joko Widodo.

Istri staf KPU Blitar ini dijera pasal 45 a ayat 2 junto ayat 28 a UU RI No 19/2018 ttg perubahan UU No 11/2008 ttg ITE. Dan pasal 207 KUHP penghinaan penguasa negara. Ancaman hukuman di atas lima tahun. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top