Aceh Akan Halalkan Poligami, PKB Beda Sikap

publicanews - berita politik & hukumSidang Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Rencana Pemerintah Aceh melegalkan poligami dipertanyakan Partai Kebangkitan Bangda (PKB). Saat ini, qanun tentang hukum keluarga yang salah satu babnya mengatur poligami, yaitu membolehkan laki-laki menikahi empat wanita, tengah digodok Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)

Wasekjen PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Minggu (7/7), mengatakan perlu dilakukan telaah dengan mempertimbangkan berbagai aspek. "Harus disusun dalam naskah akademik yang argumentatif mengacu pada undang-undang yang ada," ujarnya.

Ia mempertanyakan kesahihan dari alasan 'halalnya' poligami yaitu maraknya perkawinan siri. "Argumen dan data terkait nikah siri apa sudah valid dan dapat dipercaya? Mungkin masih asumsi," katanya.

PKB menjanjikan akan mengkaji kembali rencana penerapan qanun hukum keluarga itu.

DPRA tengah merampungkan rancangan Qanun Hukum Keluarga. Salah satu pasal mengenai aturan poligami. Dewan berpandangan poligami diperbolehkan karena sesuai hukum dalam agama Islam dan telah diatur dalam Alquran.

Pengesahan poligami ini akan membuat perkawinan tercatat oleh negara sehingga pertanggungjawaban terhadap istri dan anak menjadi jelas.

Rancangan Qanun Hukum Keluarga ini merupakan usulan pihak eksekutif atau pemerintah Aceh. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top