Kriminalitas Binjai

Polisi Tangkap Bos Pabrik Korek Api yang Terbakar

publicanews - berita politik & hukumPabrik korek api di Binjai, Sumatera Utara, yang terbakar pada Jumat (21/6) dan menewaskan 30 orang. (Foto: kabarsumut.com)
PUBLICANEWS, Binjai - Polisi menangkap IDR, pemilik pabrik korek api yang terbakar dan menewaskan 30 orang di Binjai, Sumatera Utara Jumat (21/6).

"Telah ditangkap yang bersangkutan (IDR) di sebuah hotel di Kota Medan, Sabtu (22/6) malam," kata Kabag Humas Polres Binjai Iptu Siswanto kepada wartawan, Minggu (23/6).

Saat ini polisi masih memeriksa intensif IDR di Mapolres Binjai. Penangkapan IDR ini menyusul tertangkapanya Manajer PT Kiat Unggul Bur dan staf HRD Lis yang merekrut para karyawan.

Siswanto menjelaskan, IDR ditetapkan tersangka atas dugaan kelalaian yang mengakibatkan tewasnya puluhan pekerja di pabrik yang berlokasi di Jalan Tengku Amir Hamzah Desa Sambirejo, Binjai.

"Tersangka melanggar Pasal 359 KUHP," ujarnya.

Diketahui 30 orang terkunci ketika kebakaran terjadi. Polisi menemukan fakta bahwa penguncian dilakukan oleh mandor yang ikut menjadi korban.

Lima pekerja selamat keluar dari pintu samping rumah yang dijadikan tempat perakitan korek gas. Kebakaran terjadi saat uji coba alat pemantik, tiba-tiba keluar banyak gas yang memicu api besar.

"Mungkin (gas) bocor ya, sehingga api lebih besar keluarnya. Terkadi ledakan dan percikan api yang sebabkan kebakaran," Siswanto menjelaskan.

Kebakaran itu menewaskan 30 orang, yakni 26 orang pekerja pabrik dan 4 orang anak yang ikut orang tuanya bekerja. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top