Anies vs Ahok

Gubernur Anies Akan Jawab Isu IMB Pulau Reklamasi Usai HUT DKI

publicanews - berita politik & hukumGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberi pidato di Masjid Al Ikhlas, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/6). (Foto: Publicanews/Bimo)
PUBLICANEWS, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menjawab sindiran Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) soal penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pulau Reklamasi pada waktunya nanti. Saat ini ia masih fokus mempersiapkan acara HUT ke-492 Kota Jakarta.

"Abis ultah Jakarta ya kita ngobrol-ngobrol. Saya coba nanti (jawab) seperti apa," ujar Anies kepada Publicanews seusai salat Jumat di Masjid Al Ikhlas, Menteng, Jakarta Pusat, siang ini.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menolak disebut menerbitkan IMB di Pulau Reklamasi secara diam-diam. "Nanti aja ya, nanti. Saya belum (fokus). Saya konsen untuk penyambutan HUT Jakarta," ia menegaskan.

Penerbitan IMB Pulau Reklamasi itu sempat disindir Ahok. Gubernur DKI yang dikalahkan Anies dalam pilkada tersebut menilai langkah Anies berbeda dengan yang dilakukannya dulu.

Versi Ahok, Peraturan Gubernur Nomor 206 Tahun 2016 tentang Panduan Rancang Kota Pulau C, Pulau D, dan Pulau E sebagai dasar penerbitan IMB tidak bisa dipakai. Itulah yang menjadi alasan Ahok tak mengeluarkan IMB.

"Aku sudah malas komentarinya. Kalau (dengan) Pergub aku bisa terbitkan IMB, reklamasi sudah lama aku terbitkan IMB. Kan aku pendukung reklamasi untuk dapatkan dana pembangunan DKI," ujar Ahok, Rabu kemarin.

Polemik ini memicu reaksi masyarakat dengan menggelar unjuk rasa ke Balai Kota, Kamis (20/6), yang menolak penerbitan IMB pulau reklamasi di pantai utara Jakarta.

Diketahui Pemprov DKI pernah mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta atas pelanggaran pembangunan proyek reklamasi. Namun pada Juni 2019 ini Anies dikabarkan menerbitkan IMB untuk 932 bangunan di Pulau D. Hak Guna Bangunan (HGB) Pulau D masih dikuasai PT Kapuk Naga Indah, anak perusahaan PT Agung Sedayu Group. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top