Eggi Sudjana Minta Kasusnya Dihentikan

publicanews - berita politik & hukumEggi Sudjana di Polda Metro Jaya. (Foto: FWP)
PUBLICANEWS, Jakarta - Tersangka Eggi Sudjana meminta polisi menghentikan penyidikan kasus dugaan makar yang menjeratnya. Kuasa hukumnya telah menyiapkan surat permohonan tersebut.

"Kita ajukan ke Kapolda Metro Jaya dan Kapolri," kata kuasa hukum Eggi, Alamsyah Hanafiah, di Direktorat Deskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (20/6).

Alasan Eggi minta kasusnya dibuatkan SP3 (Surat Penghentian Penyidikan Perkara) karena tidak cukup bukti dari dua alat bukti yang dimiliki penyidik. Selain itu, lokasi kejadian bukan di kantor pemerintahan.

Menurut Alamsyah, dalam kasus makar harus ada perbuatan untuk menggulingkan pemerintahan yang sah.

"Kertanegara itu hanya rumah rakyat biasa, di mana lokasi pemerintah? Pemerintah itu kan di gedung-gedung pemerintah bukan di (rumah Jalan) Kertanegara," ujarnya. Rumah di Jalan Kertanegara yang dimaksud adalah rumah capres 02 Prabowo Subianto.

Alamsyah menjelaskan perbuatan makar bukanlah sekadar lisan oleh karena itu pasal yang disangkakan pada Eggi tidak tepat. Menurutnya, ucapan kliennya hanya penghinaan terhadap kepala negara.

"Kasus makar itu harus timbul dari perbuatan. Kalau ucapan pasalnya bukan pasal makar, tapi penghinaan terhadap presiden," ia menandaskan.

Atas dasar itulah Eggi berharap kasusnya bisa dihentikan sekaligus dibebaskan dari segala tuduhan. Alamsyah menambahkan, kliennya juga memiliki gangguan kesehatan.

"Dia kan memang ada mengidap jantung, ada surat keterangan sakitnya. Maka kita juga menginginkan dia agar check up kontinyu ke rumah sakit," Alamsyah menambahkan.

Polisi menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka kasus dugaan makar dan atau menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan suatu keonaran. Pasal yang digunakan adalah Pasal 107 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP Juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 Ayat 1 dan Ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Kasus ini dilaporkan oleh politikus PDIP S Dewi Ambarawati alias Dewi Tanjung atas pidato Eggi yang menyerukan people power. (imo)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Cewek Kepo @ceweKepo21 Juni 2019 | 02:31:49

    Kapokmu kapannnnn? Ada yg ngurus ente?

Back to Top