Malang

Viral Swafoto Napi Lapas Lowokwaru, Kok Bisa HP Masuk Sel

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Malang - Beredar foto-foto dokumentasi narapidana (napi) Lapas Kelas I Lowokwaru, Kota Malang, di media sosial. Banyak diantaranya merupakan satoto.

Warganet mempertanyakan bagaimana napi bisa bebas memiliki handphone, padahal dilarang.

Akun Facebook Zaskia Hilda sempat meng-capture foto tersebut dari akun yang mengunggah sebelumnya, yang kini telah dihapus pemiliknya.

"Jancok dihukum nok Lapas Lowokwaru gak moleh kngen ank bojoku penjara taek ancen iki....menisan viral wes," tulis keterangan foto yang diduga diunggah oleh mantan napi dalam bahasa jawa timuran. Intinya memaki situasi yang ia alami sebagai terpidana.

Foto menunjukkan berbagai macam kegiatan penghuni sel. Di antaranya ada napi yang berswafoto di ruang tahanan.

Menanggapi foto-foto vital tersebut, Kasat Pengamanan Lapas Lowokwaru Giyono mengaku terkejut. "Penyelidikan kemudian kami lakukan berdasarkan database warga binaan," katanya kantornya, Kamis (20/6).

Ada dugaan mantan napi yang mengunggah foto adalah Indra Kusuma. Giyono membenarkan ada nama mirip dalam daftar napi. "Yang ada Indra Sugianto dan menyangkal telah melakukan hal itu," ujarnya.

Saat ditelusuri, deretan foto tersebut merupakan dokumentasi lama antara 2016 sampai 2017. Sebagian foto bahkan bukan di Lapas Lowokwaru.

Indra yang diduga sebagai penunggah, menurut Wiyono, telah menyangkal. Indra menyebut nama Karnoto, mantan rekannya sesama napi. "Dari nomor ponsel yang diberikan, pemegang HP terlacak di wilayah Dau, Malang," Giyono menjelaskan.

Giyono membenarkan Karnoto adalah napi yang bebas pada 5 Juni 2019. Menurutnya, Karnoto masih memiliki foto tersebut dan mengunggahnya.

"Dia baru bebas. Bisa jadi punya fotonya, tapi kita tidak tahu untuk apa (diunggah)," kata Giyono. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top