Ahmad Dhani Divonis Setahun Penjara Kasus Ucapan Idiot

publicanews - berita politik & hukumAhmad Dhani sebelum pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (11/6). (Foto: suarasurabaya.net)
PUBLICANEWS, Surabaya - Pengadilan Negeri Surabaya memvonis Ahmad Dhani satu tahun penjara karena terbukti bersalah atas tindak pidana pencemaran nama baik ucapan 'idiot'. Dalam amar putusannya Ketua Majelis Hakim R Anton Widyopriono mengatakan, politisi Partai Gerindra itu melanggar Pasal 45 ayat (3) jo pasal 27 ayat (3) UU Nomorp19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

"Menjatuhkan pidana terhadap Dhani Ahmad Prasetyo dengan pidana penjara selama satu tahun," kata Anton, Selasa (11/6).

Hal yang meringankan, Hakim Anton menambahkan, terdakwa sopan dan koperatif selama di persidangan. Adapun yang memberatkan adalah terdakwa mengaku tidak bersalah dan masih menjalani hukuman dalam kasus ujaran kebencian di Jakarta yang kini masih dalam tahap kasasi.

"Atas putusan ini, silakan saudara berkonsultasi dengan pengacara," Anton ujarnya.

Dari kursi terakwa, Dhani langsung menyatakan banding tanpa perlu berkonsultasi dengan tim penasihat hukumnya.

"Kapan? (berkonsultasi penasihat hukum)," tanya hakim.

"Sudah," Dhani menjawab.

Vonis tersebut sedikit lebih ringan dari tuntutan Jaksa yang meminta hakim menghukum pendiri grup band Dewa 19 itu dengan 18 bulan penjara. Jaksa dari Kejati Jatim menyatakan pikir-pikir.

Pada sidang kali ini penampilan ayah empat anak itu tampak berbeda. Ia tak lagi mengenakan kopiah dan kemeja putih yang biasanya.

Diketahui Dhani membuat Vlog di Hotel Mojopahit beberapa waktu lalu setelah ia tidak bisa keluar karena dihadang massa pro Jokowi. Suami Mulan Jameela itu dilaporkan sejumlah orang yang tergabung Koalisi Bela NKRI. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top