Temui Ketua Bawaslu, Kapolda Metro Jaya Buka Blokade

publicanews - berita politik & hukumKapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono menemui Ketua Bawaslu Abhan Misbah di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (27/5) sore. (Foto: FWP)
PUBLICANEWS, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono menemui Ketua Bawaslu Abhan Misbah, Senin (27/5), di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Gatot sekaligus memantau situasi keamanan pasca kerusuhan 21-22 Mei.

"Kami pastikan kondisi Jakarta sudah relatif membaik. Peristiwa seperti kemarin tidak akan terulang lagi," kata Gatot menjelang berbuka puasa, kemarin.

Ia mengimbau semua pihak melaksanakan demokrasi sesuai aturan dan undang-undang. Demokrasi, menurut Gatot, bukan dilakukan dengan sebebas-bebasnya. "Tapi ada limitasi yang harus diperhatikan," ia mengingatkan.

Gatot mengatakan, polisi tidak membenarkan tindakan anarkis, seperti peristiwa 21-22 Mei di sejumlah titik di jantung ibukota. Oleh karena itu, kepolisian mengambil langkah tegas.

"Kami tak boleh kalah dengan mereka yang melakukan kekerasan. Ini menganggu keamanan," ujarnya.

Polisi menduga ada pihak yang mencoba memecah belah bangsa. Banyak penyusup berada di tengah-tengah massa damai mempengaruhi untuk bertindak anarkis.

"Apalagi tindakan kerusuhan yang didesain sedemikian rupa. Ini bisa menggangu keamanan," Gatot menjelaskan.

Kemarin polisi mulai membuka kembali Jalan MH Thamrin untuk pertama kali pasca aksi massa di depan Gedung Bawaslu. "Namun personel Polri akan tetap ditempatkan di seputaran Bawaslu, KPU, dan MK. Tergantung situasi dan keamanan," kata mantan Ketua Satgas Nusantara itu. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top