Jadi Tersangka Makar, Lieus Sungkharisma Dijemput di Apartemen

publicanews - berita politik & hukumLieus Sungkharisma dibawa ke Polda Metro jaya, Senin (20/5). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Aktivis politik Li Xue Xiung atau Lieus Sungkharisma ditangkap atas dugaan penyebaran kabar bohong (hoaks) dan upaya makar. Ia dicokok di Apartemen Hayam Wuruk, lantai 6, kamar 614, Jakarta, Senin (20/5) pagi.

"Yang bersangkutan ditangkap di apartemen, di dalamnya ada seorang wanita yang diakui seorang wanita ART (asisten rumah tangga)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam keterangannya, Siang ini.

Argo menambahkan, Liues telah ditetap sebagai tersangka. Penjemputan paksa dilakukan polisi setelah dua kali panggilan Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu mangkir.

Petugas Ditreskrimsus juga melakukan penggeledahan di rumah Lieus sesuai KTP, yaitu di Jalan Keadilan Nomor 26, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat.

"Di sana ditemukan istri dari yang bersangkutan, dan penggeledahan selesai dilakukan pada pukul 09.30 Wib," Argo menjelaskan.

Lieus ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana penyebaran berita bohong atau hoaks dengan Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP pasal 14 dan atau pasal 15.

Aktivis berdarah Tionghoa ini juga dijerat tindak pidana Keamanan Negara atau Makar berdasar UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP pasal 107 juncto asal 110 juncto pasal 87 dan atau pasal 163 bis juncto pasal 107.

Lieus dilaporkan oleh Eman Soleman atas dugaan penyebaran berita bohong dan makar. Laporan bernomor LP/B/0441/B/2019/Bareskrim tertanggal 7 Mei 2019 itu lantas dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

Saat ini, Lieus dalam pemeriksaan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Belum diketahui apakah usai pemeriksaan langsung ditahan seperti yang dilakukan terhadap Eggi Sudjana. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top