Cianjur

Khawatir Kambuh Jelang Pemilu, AJ 'Dikandangin'

publicanews - berita politik & hukumkandang dari bambu untuk memasung AJ di Desa Naringgul, Cianjur. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Cianjur - Nahas benar nasib pria AJ (46). Setiap menjelang pemilu ia harus 'dikandangkan' dalam pasungan bambu di tengah kebun. Warga khawatir penyakit jiwanya kambuh menjelang pemilu.

Pemandangan mengenaskan ini terjadi di Kampung Cidalung RT 07/03, Desa Wangunsari, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala Dusun Cidalung Rohimat Tryatna (47) mengatakan, sebenarnya warga tidak tega memasung AJ. Namun, tidak ada pilihan lain. Keluarga pun sudah tidak mampu membawa AJ untuk berobat.

Rohimat menceritakan kisah malang AJ. Pria yang pernah menjabat Ketua RT dan hidup normal itu mengalami gangguan mental setelah menjadi pendukung salah satu calon wakil bupati di wilayahnya, pada 2006.

Namun, janji manis sang wabup terpilih tidak pernah terbukti. AJ bahkan diadang setiap kali ingin bertemu. Hal itu membuatnya depresi. Dampaknya, setiap menjelang pemilu ia kerap hilang kesadaran.

"Setiap mau menjelang musim pemilu penyakit AJ sering kambuh dan sangat mengkhawatirkan," kata Rohimat, Kamis (21/3).

Warga pun memutuskan untuk memasung AJ. Rohimat menyebutkan bila AJ bebas di ruang terbuka akan mengamuk dan mengkhawatirkan warga.

Menurut Rohimat, AJ pernah menjalani perawatan di RSJ Cisarua Nandung, juga dibawa ke Yayasan Galuh di Bekasi. Keluarga juga melakukan beragam pengobatan tetapi belum berhasil menyembuhkannya.

"Keluarga menempatkan AJ di tempat mirip kandang kambing agar tidak bisa keluar dan meresahkan warga," Rohimat menambahkan.

Bila AJ dalam keadaan normal, ia berbicara layaknya pengamat politik. Namun, bila kambuh membuat semua warga ketakutan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top