Buku 'Dari Jokowi ke Harari' Didiskusikan di Yogya

publicanews - berita politik & hukumRizal Mallarangeng, penulis buku 'Dari Jokowi ke Harari', dalam diskusi buku di University Club UGM, Yogyakarta, Minggu (10/3). (Foto: Sabit Irfani)
PUBLICANEWS, Yogyakarta - Setelah di Jakarta, Qureta dan Kepustakaan Populer Gramedia menggelar diskusi buku Dari Jokowi ke Harari di Yogyakarta. Diskusi di University Club Universitas Gadjah Mada (UGM), Minggu (10/3), ini menampilkan pembicara Dr. Wening Udasmoro (Dekan FIB UGM), M. Najib Azca (Dosen Sosiologi UGM), dan Nirwan A. Arsuka (pemerhati sains).

Sang penulis buku Rizal Mallarangeng, menyampaikan semangat dan optimisme masa depan bangsa Indonesia. Perkembangan ke depan, kata Rizal, akan banyak dipengaruhi berbagai faktor fundamental, baik struktural maupun situasional.

"Hal tersebut terkait dengan naik turunnya globalisasi, gejolak perdagangan dunia, pergerakan manusia lintas batas, dan gelombang migrasi, perkembangan teknologi," kata Rizal dalam pengantar diskusi.

Selain itu ada pula faktor pertumbuhan ekonomi China, India, maupun Indonesia, serta keutuhan Uni Eropa dalam mengelola dilema yang masih terus menggantung sejak awal kelahirannya.

Kemudian juga faktor perkembangan politik di Amerika serikat. "Hal tersebut tidak boleh dilupakan bahwa leaders matter menentukan perjalanan sejarah ke depan," Rizal, yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jakarta itu menambahkan.

Terdapat tiga point penting dalam buku Dari Jokowi ke Harari. Pertama, terkait subyek dari perpolitikan, mulai dari Jokowi, PM RRT Xi Jinping, Presiden Perancis Emmanuel Macron, Presiden AS Donlad Trump, dan mantan Menlu AS Hillary Clinton.

Poin kedua terkait manusia, ilmu, dan masa depan dimana optimisme harus didukung oleh ilmu pengetahuan.

"Poin ketiga dari buku tersebut terkait dengan demokrasi Indonesia yang menempatkan pemuda sebagai pelaku demokrasi dan teknologi. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai pendidikan politik kaum pemuda dalam tahun politik ini," Rizal menambahkan. (sabit irfani)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top