Kriminalitas Bengkulu

Peras Pengusaha, Kades Tanjung Alai Diamankan Tim Saber Pungli

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Bengkulu - Diduga memeras pengusaha tambang batubara, Kepala Desa Tanjung Alai, Kecamatan Bengkulu Utara, inisial AM diamankan jajaran Polres Kabupaten Bengkulu Utara dalam operasi tangkap tangan pada Sabtu (16/2).

"OTT kami lakukan pada hari Sabtu 16 Februari 2019 pukul 18.00 WIB. Dari OTT itu kami menangkap oknum kepala desa," ujar Waka Polres Bengkulu Utara Erwin, Minggu (17/2).

Kasus ini terungkap ketika Desember 2018 lalu Kades AM mengirimkan surat permohonan kerja sama kepada perusahaan tambang batubara dengan 16 poin permintaan.

Kemudian Septa Rianto, karyawan PT KDA, menemui AM untuk membahas permohonan kerja sama sekaligus meminta tanda tangan dokumen berupa pembebasan lahan. Namun, kata Erwin, AM tidak mau meneken dengan alasan pihak perusahaan tidak melibatkan pihak desa.

AM, Erwin menambahkan, hanya akan meneken pembebasan lahan dengan syarat perusahaan mau memberikan uang Rp150 juta. Septa tidak menyangupi permintaan pelaku.

Pelaku kemudian meminta jatah 4 persen atas semua penjualan lahan di Desa Tanjung Alai, namun perusahaan juga tidak menyanggupi.

Kemudian pada Januari 2019, AM menghubungi Septa untuk mengirimkan sejumlah uang. Bila tidak dipenuhi, ia akan menutup aktivitas perusahaan.

Akhirnya PT KDA menyanggupi dengan mengirimkan uang dalam beberapa tahap, yakni pada 15 Januari 2019 sebesar Rp 15 juta, 2 Februari 2019 sebesar Rp 2 juta, dan 14 Februari 2019 sebesar Rp 1,5 juta.

Septa kemudian menghadap AM dengan membawa sejumlah dokumen untuk ditandatangani. Namun, pelaku kembali tidak mau dengan alasan fee 4 persen harus juga diberikan oleh perusahaan.

Meski merasa aneh, Septa tetap memenuhi permintaan Kades AM. Ia membawa uang Rp 10 juta ke rumah AM pada Sabtu (16/2) petang. Namun sebelumnya ia telah melakukan koordinasi dengan Tim Saber Pungli dari Polri hingga akhirnya pelaku diringkus.

Tak hanya uang, pihak kepolisian juga mengamankan buku tabungan, hanphone, dan alat hisap sabu. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top