Cawagub DKI Agung Yulianto atau Ahmad Syaikhu Dibantah Gerindra

publicanews - berita politik & hukumAgung Yulianto. (Foto: jakarta.pks.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Dua calon wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno telah disepakati dua partai pengusung, yakni Partai Gerindra dan PKS. Kedua kandidat dari PKS tersebut adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Ketua Umum DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo di Jakarta, Senin (11/2), mengatakan, kesepakatan diambil kedua partai berdasar rekomendasi dan pertimbangan dari empat panelis tes uji kelayakan yang dilakukan sejak 23 Januari 2019 lalu.

Menurut Syakir, kedua calon telah lolos fit and proper test, Focus Group Discussion (FGD), dan terakhir dilakukan pendalaman pada Sabtu pekan lalu.

Setelah ditandatangani kedua pimpinan parpol, nama mereka akan diserahkan kepada Gubernur Anies Baswedan. "Senin ini dijadwalkan diserahkan untuk menjadi acuan Gubernur Anies," Syakir menjelaskan.

Terpisah, Anies mengatakan hingga Senin siang belum menerima rekomendasi dua calon wakilnya itu. "Aturannnya, suka tidak suka, keputusan nama calon diajukan partai politik pengusung," ujar Anies siang tadi. Ia siap meneruskan calon tersebut untuk dipilih di DPRD DKI Jakarta.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik menegaskan, ia belum menyepakati nama-nama tersebut. Ia menyoroti bahwa rekomendasi fit and proper belum diserahkan ke pimpinan partai. Pimpinan partai yang akan memutuskan.

"Rapat pimpinan partai dulu dong. Kan harusnya rapat pimpinan partai dulu nih, Gerindra dan PKS. Emang mau pilih semau-mau," kata Taufik.

Ia mengingatkan mekanisme sesuai aturan harus dilalui dalam proses penentuan nama calon. "Mekanismenya dilalui, bukan cuap-cuap ke media," ia mengingatkan.

Agung Yulianto maupun Ahmad Syaikhu merupakan lulusan STAN. Mereka kemudian bekerja di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat. Keduanya juga aktif sebagai pengurus Masjid Al-Amin di kantor tersebut.

Agung kemudian berkecimpung di dunia bisnis dengan mendirikan Bank Mualamat Indonesia dan Asuransi Takaful. Ia tercatat sebagai pemilik perusahaan Halal Network Internasional yang menjaring 1,7 juta anggota.

Adapun Ahmad Syaikhu pernah menjadi Anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS 2008-2013 dan menjabat Wakil Walikota Bekasi 2013-2018. Ia tercatat sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat berpasangan dengan Sudrajat dalam Pilkada 2018 tetapi keberuntungan belum berpihak padanya. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top