Polisi Kawal Bantuan Sosial Masyarakat Miskin

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi
PUBLICANEWS, Garut - Polisi mengawal program penyaluran bantuan sosial dari pemerintah untuk masyarakat Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pengawalan agar tidak terjadi penyelewengan atau pemotongan dana

"Untuk menghindari penyimpangan agar bantuan tepat sasaran," kata Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna di kantor Pemerintah Kabupaten Garut, Jumat (11/1) seperti dilansir Antara.

Pengawasan penyaluran bantuan sosial ini meliputi Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan bantuan pangan nontunai (BPNT).

Langkah polisi, kata Budi, dengan cara mendampingi penyelenggara penyaluran bantuan sosial. Hal ini penting dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat penerima manfaat.

"Terlebih selama ini banyak laporan yang masuk akibat tidak tepatnya penyaluran sejumlah bantuan," ujarnya.

Polisi tidak segan bertindak tegas terhadap oknum-oknum yang terbukti menyalahi aturan. Pasalnya, bantuan sosial tersebut sangat sensitif, kerap ada oknum yang memanfaatkan momen tersebut demi kepentingan lain.

"Nanti tim akan membentuk satgas khsusus untuk menindaklanjuti MoU ini," Budi menegaskan.

Sementara, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengungkapkan pemerintah mengucurkan dana melalui Kementerian Sosial untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di wilayahnya. Oleh karena itu, penyalurannya membutuhkan pengawasan.

"Dibutuhkan pengawasan yang lebih intensif," Helmi menambahkan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top