Belasan Nisan Salib di TPU Magelang Dirusak

publicanews - berita politik & hukumPetugas makam menunjukkan salib kayu yang sudah dirusak orang tak dikenal di TPU Giriloyo, Magelang, Jawa Tengah. (Foto: Metro Jateng)
PUBLICANEWS, Magelang - Belasan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Giriloyo, Magelang, Jawa Tengah, dirusak orang tak dikenal. Nisan bertanda salib dari bahan kayu tercabut dari makam dengan keadaan terbelah, sedangkan yang berbahan marmer hancur berserakan.

Kapolres Kota Magelang Ajun Komisaris Besar Kristanto Yoga Darmawan mengatakan, perusakan terjadi pada 11 makam Kristiani dan satu makam Muslim.

"Perusakan terjadi pada 26 Desember malam," ujar Kristanto saat dihubungi media, Kamis (3/1).

Petugas masih mendalami kasus ini dengan mengumpulkan barang bukti dan meneliti CCTV di sekitar TPU. "Kami tengah lakukan penyelidikan menyeluruh," ia menambahkan.

Ia meminta masyarakat jangan membuat kesimpulan sendiri apalagi dengan mengaitkan isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

Petugas makam setempat, Islamiyah, menuturkan nisan makam yang dirusak tersebar di empat blok, yaitu A1, A2, B1, dan B2.

Ia mengaku kaget karena tidak mendengar suara mencurigakan saat kejadian. Mnurutnya, ketika Natal kondisi nisan masih baik. Diduga pelaku melompat tembok kemudian menyisir area pemakaman.

"Saya tahunya pagi hari dan ternyata yang rusak banyak. Belum pernah terjadi sebelumnya," ujarnya.

Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Magelang Ismudiyono mengatakan, kasus ini bisa diselesaikan secara kompromi antarpihak agar tidak melebar.

"Bisa diselesaikan secara kekeluargaan dengan melibatkan tokoh-tokoh agama," katanya.

TPU Giriloyo memiliki luas sekitar 16,8 hektar dengan jumlah 22 ribu makam. Lokasinya berada di depan Akademi Militer (Akmil) Magelang. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top