Napi Nusakambangan Asal Nigeria Tewas Akibat Narkoba

publicanews - berita politik & hukumPetugas RSUD Cilacap memeriksa jenazah napi Lapas Nusakambangan asal Nigeria Jhon Charles Adhiam Bo Oahuongo yang meninggal karena sakit paru-paru. (Foto: Humas Polres Cilacap)
PUBLICANEWS, Cilacap - Narapidana Lapas Kelas IIA Permisan, Pulau Nusakambangan, Jhon Charles Adhiam Bo Oahuongo, meninggal dunia ketika hendak dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (2/1). Napi kasus narkoba itu menderita penyakit paru-paru kronis.

"Napi tersebut dirujuk ke RSUD Cilacap atas dasar surat rujukan dari dokter Lapas kelas IIA Permisan karena menderita sakit paru-paru," kata Kasubbag Humas Polres Cilacap AKP Bintoro Wasono.

Bintoro mengungkapkan, napi asal Nigeria dibawa ke RSUD dengan pengawalan petugas dari Kepolisian Subsektor Nusakambangan dan petugas Lapas. Dalam perjalanan itu kondisi kesehatannya semakin menurun.

"Akan tetapi Tuhan berkehendak lain, Jhon meninggal dunia dalam perjalanan menuju RSUD Cilacap," ujar Bintoro.

Penyakit paru-paru yang dideritanya diduga akibat merokok dan penyalahgunaan narkotika.

Saat ini jenazah John berada di ruang kamar mayat RSUD Cilacap. Pihak RSUD berkoordinasi dengan pihak keluarga melalui Kedutaan Besar Nigeria di Jakarta.

John Charles merupakan napi kasus narkoba bernomor Registrasi B1.63/D/2018. Ia divonis 16 tahun penjara dengan denda Rp 1 miliar.

Ia dijerat Pasal 113 Ayat (2) juncto Pasal 132 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ia baru akan bebas pada 20 Agustus 2030. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top