Kriminalitas Pasuruan

Kenal di Facebook, Pria ini Dibunuh dengan Kopi Beracun

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi
PUBLICANEWS, Pasuruan - Setelah buron dua pekan, Mawan Suryo Putro (37) akhirnya berhasil diringkus jajaran Satreskrim Polres Pasuruan. Ia telah meracuni Ari Putra Utama (22) dengan segelas kopi yang telah dicampur minyak kasturi.

"Pelaku mencampurkan minyak kasturi dalam minuman kopi," kata Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo dalam rilisnya, Senin (3/12).

Rizal menuturkan, pelaku dan korban berkenalan lewat Facebook. Ari mengeluhkan banyak utang. Kondisi itu dimanfaatkan Mawan dengan menjanjikan solusi. "Tersangka mengaku memiliki indera keenam sehingga bisa menyelesaikan masalah yang membelit korban," ujar Rizal.

Mawan kemudian mengajak Ari melakukan ritual di sebuah makam. Banyak mantra dibacakan tersangka untuk meyakinkan Ari. "Puncaknya, korban disuruh untuk memejamkan mata. Nah, selanjutnya tersangka mencampurkan kopi dengan minyak kasturi itu," Rizal menjelaskan.

Ari disuruh meminum kopi hingga habis dalam satu tenggakan. Kopi beracun itu bereaksi, Ari perlahan tidak sadarkan diri. "Saat itu tersangka mengambil barang-barang korban kemudian melarikan diri," Rizal menambahkan.

Polisi berhasil mengungkap kasus ini berdasar rekaman CCTV di sebuah warung tempat keduanya bertemu. Warga Kelurahan Cangkringmalang, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, itu ditangkap di tempat kosnya di Singosari, Malang, Minggu kemarin.

Polisi menyita sejumlah barang bukti milik korban Ari, seperti satu tas selempang, satu pisau, satu tas gendong, sepeda motor Vario, dan satu ponsel.

Mawan tersangka mengaku telah tiga kali melakukan perampasan barang korban dengan modus sebagai paranormal dan memberi kopi beracun. Bedanya, ketiga korban sebelumnya dikabarkan tidak tewas. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top