BNPT Modali Mantan Teroris Bom Bali 1 Buka Warung

publicanews - berita politik & hukumDirektur Perlindungan BNPT Brigjen Pol Herwan Chaidir saat menyerahkan bantuan 'PopWarung' kepada mantan teroris Bom Bali 1 Joko Triharmanto di Gang Kurma, Dukuh Tangkil Baru, Desa Manang, Grogol, Sukoharjo, Jumat (30/11).
PUBLICANEWS, Sukoharjo - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberi modal usaha warung untuk mantan teroris Joko Triharmanto alias Jack Harun. Mantan pelaku Bom Bali 1 itu membuka warung di rumahnya di Gang Kurma, Dukuh Tangkil Baru, Desa Manang, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (30/11).

"Warga binaan ini mempunyai keluarga, anak, istri, dan perlu membaur kembali ke masyarakat," ujar Direktur Perlindungan BNPT Brigjen Pol Herwan Chaidir saat meresmikan 'PopWarung' hari ini.

Herwan menjelaskan, bantuan BNPT diberikan kepada sepuluh warga binaan pemulihan korban aksi terorisme dan mantan narapidana terorisme di wilayah Solo.

Bantuan kewirausahaan 'PopWarung' ini berkonsep warung modern yang kekinian. "Untuk sementara yang kita upayakan baru 10 orang karena ini pionir dan akan berlanjut sampai semua," katanya.

Soal jumlah keseluruhan warga binaan, kata Herwan, ada sekitar 1.500 napi teroris. Mereka ditangkap pada kurun tahun 2002 sampai 2018. Sebagian napi masih diproses hukum, dan beberapa ada yang sudah bebas.

Adapun ke sepuluh penerima bantuan warung kekinian tersebut adalah Jack Harun, Nanang Irawan, Hariyanto, Aris Budi Santoso, Priyatmo, dan Palmin. Mereka warga binaan masyarakat BNPT. Sedangkan empat lainnya, yakni Niken Sri Parawani, Ninik Purwati, Sardjono, dan Suwardjo menjadi binaan Subdit Pemulihan Korban Terorisme.

Joko alias Jack Harun mengaku kesulitan saat kembali ke lingkungan keluarga. Ia khawatir dikucilkan masyarakat. "Kami punya keluarga dan harus kembali ke masyarakat," Joko menuturkan.

Jack adalah mantan anak buah perakit bom Noordin M Top, asal Malaysia. Ia ditangkap pada 2004 dan bebas pada 2008. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top