Muhammadiyah Akui Ada Kesalahan Administrasi LPJ Kemah Pemuda Islam

publicanews - berita politik & hukumKuasa Hukum Majelis Hukum dan HAM Pemuda Muhammadiyah Trisno Raharjo. (Foto: panjimas)
PUBLICANEWS, Bantul - Kuasa Hukum Majelis Hukum dan HAM Pemuda Muhammadiyah Trisno Raharjo telah melihat dokumen Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dana Apel dan Kemah Pemuda Islam 2017 yang disusun panitia. Menurutnya, ada dokumen yang patut diduga telah terjadi kesalahan administrasi pelaporan.

"Sehingga ada dugaan yang mengarah kepada adanya persoalan hukum. Ini terjadi karena ketidakpahaman panitia," ujar Trisno di Kantor PP Pemuda Muhammadiyah, Yogyakarta, Kamis (29/11).

Ketidakpahaman panitia ini, Trisno menambahkan, salah satunya karena mepetnya waktu penyusunan LPJ kegiatan yang diinisiasi oleh Kemenpora tersebut. "Waktu penyusunan LPJ tersebut hanya 14 hari saja," kata dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu.

Trisno menjelaskan, dugaan tersebut muncul setelah ia memeriksa salinan LPJ tersebut secara cermat dan teliti. Dari item-item yang ada, memang ditemukan ada persoalan. Misalnya, ujar Trisno, tentang pembayaran.

"Unilah persoalan yang kemudian kami anggap perlu untuk kita lihat secara obyektif," Trisno menjelaskan.

Namun ia tidak bersedia merinci detail item apa saja di dalam LPJ yang diduga bermasalah karena hanya melihat fotokopinya. Trisno hanya menyebut soal pembelian.

"Itu saya tanyakan pada teman-teman akuntan, itu menyatakan 'pak kami tidak bisa berpendapat'. Jadi kami pun menyatakan kami hanya menduga," Trisno menegaskan.

Trisno menambahkan, temuan dugaan kesalahan administrasi itu perlu pendalaman. Ia meminta panitia Kemah Kebangsaan dari Pemuda Muhammadiyah agar proaktif saat menjalani penyidikan oleh kepolisian.

Mengenai dugaan kemungkinan LPJ digelembungkan, Trisno juga enggan menjawab.

"Apakah itu mark up?. Saya ingin katakan biar polisi bekerja untuk menyelesaikan, kemudian bersama dengan BPK," Trisno menandaskan. (m-03)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top