Puluhan Napi Terorisme dan Narkoba Dipindah ke Nusakambangan

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi
PUBLICANEWS, Cilacap - Sebanyak 67 narapidana kasus narkoba dan terorisme penghuni Lapas Gunung Sindur, Bogor, dipindah ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Senin (26/11). Rinciannya adalah 30 napi kasus narkoba dan 37 napi kasus terorisme.

Kalapas Batu, Pulau Nusakambangan,
Hendra Eka Putranto, mengatakan, para napi dibawa menggunakan lima bus wisata dengan pengawalan ketat anggota Brimob dan Densus 88.

Rombongan tiba pukul 08.00 WIB di Dermaga Wijayapura, Cilacap. Kemudian menuju Dermaga Sodong di Pulau Nusakambangan.

"Menyeberang menggunakan Kapal Pengayoman IV secara bergantian," ujar Hendra yang juga koordinator lapas se-Nusakambangan, Rabu (28/11).

Para napi kemudian dibagi-bagi, 30 napi kasus narkoba ditempatkan di Lapas Batu. Lalu 10 napi teroris di Lapas Besi dan 27 napi teroris lainnya di Lapas Pasir Putih.

Di antara napi narkoba terdapat warga negara asing. "Mereka merupakan bandar narkoba yang divonis hukuman seumur hidup hingga hukuman mati," Hendra menjelaskan.

Saat Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly berkunjung ke Pulau Nusakambangan, 27 Juli lalu, ia menyampaikan sudah ada dua lapas high risk 'yang menggunakan sistem pengamanan super maksimum, yakni Lapas Batu dan Lapas Pasir Putih. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top