Kriminalitas Yogyakarta

Polda DIY Selidiki Kasus Pencabulan Mahasiswa UGM

publicanews - berita politik & hukumAksi mahasiswi UGM mendesak pelaporan kasus percabulan. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Yogyakarta - Kasus percabulan yang dilakukan seorang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) HS terhadap Agni (bukan nama sebenarnya), mahasiswi Fisipol, mulai diselidiki Polda DIY. Kasus ini terjadi ketika keduanya mengiktui kuliah kerja nyata (KKN) di Pulau Seram, Maluku, 2017 lalu.

Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto mengatakan, penyelidikan dilakukan berdasar laporan infromasi (LI). Pasalnya, hingga saat ini penyintas, korban Agni, belum membuat laporan polisi.

"Jadi kami tetap menunggu laporan korban meskipun kami bisa melakukan penyelidikan berdasar LI," ujar Yuliyanto di Mapolda DIY, Rabu (14/11).

LI merupakan produk kepolisian yang ditulis untuk melaporkan sebuah peristiwa. Sumbernya bisa informasi dari media hingga media sosial. Kasus pelecehan seksual terhadap Agni ini, Yuliyanto menambahkan, bukan merupakan delik aduan.

Menurutnya, meski bukan delik aduan seharusnya korban membuat laporan ke polisi. "Tapi apakah dia mau melapor atau tidak kan kita belum tahu,” katanya.

Yuliyanto menjelaskan, hasil penyelidikan Polda DIY akan dikirim ke Polda Maluku, tempat peristiwa itu terjadi.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan akan memeriksa penyintas tindak percabulan rekan sesama peserta KKN itu.

"Korban dalam waktu dekat akan dimintai keterangan, didampingi oleh orang-orang yang ditunjuk untuk mendampingi," kata Setyo, yang kini pindah tugas di Kemenperin, kemarin.

Sementara itu, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mendorong penanganan kasus dugaan pelecehan di UGM itu dibawa ke ranah hukum. Wakil Ketua LPSK Hasto Atmojo mengatakan, kasus tersebut sudah muncul di publik.

"Desakan untuk menuntaskan kasus itu di jalur hukum menguat," ujar Hasto usai bertemu Rektor UGM Panut Mulyono, Senin lalu. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top