Kriminalitas Sidoarjo

Komplotan Pemeras Pengunjung Museum Dibekuk

publicanews - berita politik & hukumPelaku pemerasan pengunjung Museum Mpu Tantular, Sidoarjo, dibekum anggota Polresta Sidoarjo, Jawa Timur. (Foto: pojokpitu.com)
PUBLICANEWS, Sidoarjo - Lima pemuda pemeras wisatawan ditangkap petugas Polres Kota Sidoarjo, Jawa Timur, di sekitar Museum Mpu Tantular. Mereka adalah Rido Saputra (22), Givril Fardan (20), Achmad Zaelani (21), Moh Ashar (20), dan AR (17) di sekitar Museum Mpu Tantular.

Kelimanya sering memalak pengunjung museum yang berswafoto. Jika tak diberi uang, mereka tak segan untuk memukul korbannya.

"Semuanya sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemerasan," kata Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris kepada wartawan, Jumat (12/10).

Harris menjelaskan, modusnya adalah mereka akan menghampiri pengunjung museum yang sudah ditarget. Mereka kemudian memaksa meminta sejumlah uang.

Pada saat kejadian, Givril, menceritakan bahwa ia dan komplotannya melihat tiga pemuda calon korbannya, yakni AV, RA, dan FS.

"GF memegang baju salah satu korban sambil membawa batu paving dan mengancam korban jika tidak berikan uang," Kompol Harris menjelaskan.

Kelimanya sempat memukul korban dan meminta uang serta ponsel ketiga korban. Karena ketakutan, korban menurutinya. "Dari situ para pelaku langsung kabur. Hasil rampasannya langsung dibuang," ujar Harris.

Polisi akhirnya berhasil mencokok gerombolan ini di dua lokasi berbeda. Ada yang di Rangkah dan di Candi, Sidoarjo. Dari tangan pelaku, polisi menyita uang tunai Rp 80 ribu dan dua unit sepeda motor. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top