Kriminalitas Riau

Polisi Tangkap Belasan Pelaku Illegal Logging

publicanews - berita politik & hukumBelasan tersangka kasus ilegal logging di Kabupaten Pelalawan, dalam rilis kasus di Mapolda Riau, Pekanbaru, Kamis (11/10). (Foto: Riauair)
PUBLICANEWS, Pekanbaru - Polda Riau berhasil menangkap 19 tersangka kasus pengrusakan hutan dan illegal logging di Kabupaten Pelalawan, persisnya di wilayah konsesi PT Satria Perkasa Agung (SPA).

Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto mengatakan, ada dua lokasi pengrusakan lahan berdasarkan lima laporan yang masuk ke kepolisian.

"Salah satu ada di lokasi konses PT SPA di Desa Serapung, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau," kata Sunarto kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis (11/10).

Sebanyak 52,8 ton kayu olahan berhasil diamankan dari sebuah lokasi di Kecamatan Kuala Kampar. Polda Riau mengungkap kasus tersebut pada 16 Agustus 2018 di dua lokasi sekaligus.

Di lokasi pertama, hasil penebangan berada di kanal dan ada 29 rakit kayu yang siap mengangkut melalui jalur kanal. Polisi menahan satu unit truk bernopol BA 8909 HU pembawa kayu-kayu di Jalan HR Soebrantas di simpang lampu merah Tambek Gadang, Tampan, Rokan Hilir.

"19 orang diamankan, tiga chainsaw, empat parang, satu sampan dan satu pompong, dan satu kendaraan Roda Empat, truk," ia menjelaskan.

Para tersangka mengaku kayu olahan tersebut akan digunakan sebagai bahan bangunan, dan dikirim ke Bagan siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir.

Warga Desa Sera mayoritas keberatan dan menolak adanya kegiatan pengrusakan dan penebangan liar. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top