M Taufik Sudah Lapor Prabowo Bakal Jadi Wagub DKI

publicanews - berita politik & hukumM Taufik dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Arah)
PUBLICANEWS, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mengatakan, ia telah melapor kepada Ketua Umum Partai Gerindra bahwa ia dipilih DPD Partai Gerindra DKI Jakarta sebagai calon wakil gubernur DKI.

"Saya sudah lapor, responnya ketawa aja Pak Prabowo," ujar Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta ini di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (17/9).

Taufik menambahkan, rapat pimpinan DPD telah memutuskan ia sebagai calon dari Gerindra untuk menggantikan posisi Sandiaga Uno sebagai wagub DKI.

"Ya, sudah keputusan di rapim DPD, saya yang maju," Taufik menegaskan.

Menurut Taufik, pemilihan wagub masih menunggu Surat Keputusan (SK) Presiden terkait pemberhentian Sandiaga. "Nunggu SK Presiden. Saya baru dengar katanya sudah keluar tapikan saya belum lihat," katanya.

Posisi wagub ini juga diincar PKS setelah posisi capres dan cawapres diisi dari Partai Gerindra. Konon Prabowo menjanjikan pengganti Sandiaga Uno berasal dari PKS.

PKS telah mempersiapkan nama untuk orang kedua di DKI Jakarta itu. Mereka antara lain Mardani Ali Sera, Nurmansyah Lubis, Ahmad Syaikhu hingga mantan Gubernur Jawa Barat dua periode Ahmad Heryawan alias Aher.

Mekanisme pengisian posisi wagub DKI Jakarta diatur dalam Pasal 176 Undang-Undang No 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

Pada Pasal 176 ayat (1) menyebutkan bahwa partai politik atau gabungan partai politik pengusung mengusulkan dua orang calon kepada DPRD DKI Jakarta melalui Gubernur untuk dipilih dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top