Sebar Meme Kebencian, Politikus PKS Ditangkap

publicanews - berita politik & hukumKanit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Kalteng AKP Aris Setiyono (kemeja merah) sedang mengintrograsi pelaku ujaran kebencian yang di sebar di akun facebook. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Kotawaringan Timur - Polda Kalimantan Tengah menangkap Sekretaris DPC PKS Kabupaten Kotawaringin Timur Agus Sugianto. Pria 35 tahun itu diduga menyebarkan ujaran kebencian melalu akun Facebook bernama Agus Sugianto Agus.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Kalteng Kombes Adex Yudiswan, Agus sudah diamankan pada Sabtu (8/9) lalu. "Ujaran kebencian etnis dengan kalimat kasar dan menghina kepala negara memakai gambar tidak pantas," ujar Adex di kantornya, Senin (10/9).

Penangkapan Agus dilakukan Kanit Cyber Crime DitReskrimsus Polda Kalteng AKP Aris Setiyono dan dibantu beberapa anggota Polres Kotim Agus Sugianto. Polisi menangkap di rumah tersangka di Jalan DI Panjaitan, Gang Tiung Andai, Kabupaten Kotim tanpa perlawanan.

Saat ini Agus yang bekerja di Baitul Malwat Tamwil (BMT) Sampit sudah ditahan di Polda kalteng sekaligus ditetapkan sebagai tersangka.

"AS diduga melakukan perbuatan pidana ujaran kebencian melalui facebook. Motifnya, menurut yang bersangkutan karena tidak puas terhadap kinerja pemerintah dan orang-orang yang dianggap berseberangan dengan dia," kata Kabid Humas AKBP Hendra Rochmawan

Atas penetapan tersangka, Kuasa Hukum Sekretaris DPC PKS Kotim Agus Sugianto, Rusdi Agus Susanto, berencana mengajukan praperadilan. Ia menilai penetapan kliennya terlalu terburu-buru.

"Padahal sebenarnya idealnya untuk proses UU ITE harus ada paling tidak keterangan dari ahli. Baik itu bahasa, maupun ahli ITE dan ahli pidana," katanya.

Rusdi mengatakan klienya tidak paham tentang UU ITE dan menyebut sebagai kekhilafan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top