Kalimantan Barat

Kodam Tanjungpura Ultimatum Pembakar Lahan Sawit

publicanews - berita politik & hukumAnggota Kodam XII/Tanjungpura memadamkan api di lahan perkebunan sawit dekat Sungai Rengas, Kabupaten Kubu Raya, Pontianak, Kalimantan Barat. (Foto: thetanjungpuratimes.com)
PUBLICANEWS, Pontianak - Kebakaran hutan di perkebunan sawit Kalimantan Barat menjadi permasalahan serius. Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen Achmad Supriyadi memerintahkan seluruh jajarannya untuk menangkap pelaku pembakaran.

"Saya perintahkan kepada seluruh prajurit yang ada di wilayah Kodam XII/Tanjungpura untuk menangkap pelaku dan menyerahkannya ke Polri," kata Supriyadi kepada wartawan, Sabtu (18/8).

Pembakaran tersebut dianggap sebagai tindak kejahatan yang terorganisir dan terencana. Dampaknya sangat mengganggu ekosistem hutan, sekaligus dampak lingkungan.

"Ingat, korban sudah terjadi akibat pembakaran lahan ini dimana sudah dua meninggal dan sudah banyak juga masyarakat yang terkena ISPA," ia menjelaskan.

Asap yang ditimbulkan dapat mengganggu lalu lintas di darat maupun di udara karena jarak pandang yang sempit.

Jumat kemarin, ribuan prajurit TNI memadamkan api yang masih menjalar di daerah Sungai Rengas, Kabupaten Kubu Raya.

Pangdam juga telah meminta setiap perkebunan sawit segera memadamkan kebakaran hutan dan lahan di sekitar Izin Usaha Perkebunan.

Supriyadi beserta tim berpatroli menggunakan helikopter melihat ada beberapa titik api di kawasan perkebunan sawit.

"Saya minta dengan tegas, mulai hari ini agar tidak ada lagi titik api di sekitar perkebunan," kata Supriyadi, seperti dikutip Antara.

Titik api tersebut berada di kawasan perkebunan dan sangat dekat dengan perusahaan sawit di Kabupaten Kubu Raya.

"Saya menduga, bahwa itu sengaja dibakar untuk proses pembersihan lahan," ia menambahkan. (imo)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top