Sandiaga Resmi Mundur, Siapa Pengganti di Balaikota?

publicanews - berita politik & hukumGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. (Foto: dailyjakarta)
PUBLICANEWS, Jakarta - Bakal cawapres Sandiaga Uno resmi berhenti sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Surat pernyataan pengunduran diri ia serahkan langsung kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Dengan ini saya menyampaikan surat pernyataan berhenti dari jabatan saya sebagai Wagub masa jabatan 2017-2022 sejak pernyataan ini saya tanda tangani," kata Sandi saat membacakan surat penyataan di ruang Gubernur DKI, Balaikota, Jakarta Pusat, Jumat (10/8) pagi.

Anies yang menerima surat itu menjanjikan segera memproses surat pengunduran diri Sandi kepada Presiden Joko Widodo.

“Saya buat surat ke Presiden meminta agar dilakukan penetapan pemberhentian lewat Mendagri,” ujar Anies.

Anies selain berhenti sebagai wagub DKI juga mundur dari Partai Gerindra.

"Sandiaga Uno merupakan pilihan yang terbaik dari yang ada, beliau juga berkorban," puji Prabowo Subianto saat deklarasi capres di rumahnya Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jaksel, malam kemarin.

Mengenai pengganti Sandi, belum ada yang bersedia memberi keterangan, termasuk Prabowo.

Sandi mengatakan bukan haknya untuk berbicara penggantinya. "Itu bukan domain saya, itu domain partai pengusung dan Pak Anies sendiri," kata Sandi di rumah ibunya, Mien Uno, Jalan Galuh ISI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sementara Ketua DPD Partai Gerindra Jakarta M Taufik yang mengurus surat pengunduran Sandi tak menjawab lugas siapa sosok pengganti Sandi.

"Ya nggak tahu. Belum tahu saya, kan belum diusulin. Ya, doain aja," katanya, kemarin. Pengganti, ia menambahkan, biasanya dari partai pengusung.

Sandiaga dalam Pilgub 2017 lalu diusung Partai Gerindra dan PKS. Melihat posisi Sandi dicalonkan sebagai cawapres bersama Prabowo, keduanya dari Gerindra, bisa jadi pengganti Sandi berasal dari PKS. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top