Tolak Bebas Bersyarat, Ahok Ingin Bebas Murni

publicanews - berita politik & hukumBasuki Tjahaja Purnama saat menjalani sidang kasus penodaan agama Mei 2017. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan mendapat pembebasan bersyarat pada Agustus mendatang. Namun, Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami mengatakan Ahok tampaknya memilih bebas murni.

"Sepertinya beliau ingin bebas murni," kata Sri Puguh saat dihubungi, Rabu (11/7).

Ahok sebagai terpidana kasus penodaan agama diganjar hukuman penjara dua tahun dan langsung masuk sel usai vonis hakim PN Jakarta Utara pada 9 Mei 2018.

"Beliau sebenarnya bisa pembebasan bersyarat pada bulan Agustus," Sri Puguh menjelaskan.

Pembebasan bersyarat berdasar perhitungan Ahok telah menjalani dua pertiga masa hukuman. Ahok juga mendapat remisi hari Natal selama 15 hari dan peringatan Hari Kemerdekaan, masih ditambah lagi dengan pengurangan hukuman karena berkelakuan baik selama di penjara.

Sebelumnya, beredar kabar Ahok sudah di luar penjara sejak ulangtahunnya pada 29 Juni lalu. Namun, kabar ini dibantah keras kakak angkatnya Nana Riwayatie.

"Mana bisa Pak Ahok keluar penjara. Orangnya itu disiplin. Keluar halaman Mako Brimob saja tidak mungkin. Dia juga tidak pegang HP," ujar Nana menepis tudingan kabar yang viral itu.

Nana menambahkan, saat Ahok merayakan hari jadi ke-52, kerabat dan keluarga hadir. Saat itu, Nana juga ikut datang ke Mako Brimbob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Di hari ulang tahunnya, Ahok mendapat sejumlah kiriman makanan, kue, dan bunga dari simpatisan dan sahabatnya. "Tetap saja bunga datang, makanan, kue-kue dikirim ke Mako Brimob," kata Nana.

Sementara adik kandung sekaligus penasihat hukum Ahok, Fifi Lety Indra, mengatakan Ahok tidak pernah meninggalkan ruang selnya. Ahok lebih menghabiskan waktu untuk mendalami agama.

Fifi menyebut Ahok menguasai Al-Kitab dalam tiga bahasa yaitu Indonesia, Inggris, dan Mandarin. Ia pun menuntaskan membaca 33 buku yang rata-rata berjumlah 600 halaman.

Kesibukan lainnya yaitu membalas surat-surat yang hingga saat ini masih ada dua dus penuh yang ingin ia balas satu per satu.

Ahok yang bisa dikunjungi tiap Selasa dan Jumat itu juga akan kembali menerbitkan buku mengenai pengalaman dan renungan selama menjalani kehidupan di penjara.

Mantan politikus Partai Golkar dan Gerindra yang menyandang status duda ini, kata Fifi, selepas bebas penjara akan mengisi waktu mengasuh anak yang hak asuh jatuh padanya pasca perceraian dengan Veronica Tan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Iqra @ayobaca11 Juli 2018 | 21:13:22

    Ya sudah kalau begitu #AgustusAhokMasihDipenjara

Back to Top