Polda Jateng Waspada Pasca Temuan Tulisan 'Coming Soon ISIS' di Sukoharjo

publicanews - berita politik & hukumIlustrasi
PUBLICANEWS, Semarang - Polda Jawa Tengah meningkatkan kewaspadaaan pasca munculnya tulisan 'Coming Soon ISIS' di salah satu kampung di Sukoharjo.

Kapolda Irjen Condro Kirono di Semarang, Sabtu (26/5) sore, mengatakan berdasar pengamatan, tulisan tersebut tidak dibuat sekedarnya, namun dilakukan dengan persiapan dan kesengajaan.

"Tulisan di tembok Coming Soon ISIS itu pasti dibikin lama. Sikap permisif dari masyarakat inilah yang membuat sel tidur terorisme kembali bangkit saat ini," katanya.

Condro menambahkan, aparat kepolisian terus melakukan pendekatan kepada warga yang diketahui menjadi simpatisan Negara Islam di Irak dan Suriah (Islamic State in Iraq and Syria.

Hingga saat ini di Jateng setidaknya ada 201 simpatisan ISIS. Ia juga menerima laporan ada sebanyak 334 pelaku teroris dari Jawa Tengah. Sementara ada 138 eks narapidana teroris (napiter) sudah kembali ke masyarakat.

Jumlah DPO dalam kasus terorisme mencapai 46 orang. Sedangkan, jumlah 171 napiter saat ini dipenjara di Nusakambangan, Cilacap.

Condro mengatakan, Polda akan melakukan pemantauan lebih ketat terutama terhadap warga yang kembali dari Suriah.

"Orang-orang yang dari Suriah, ideologinya sudah radikal, ulama saja dibantah. Mereka beranggapan ajaranya yang paling benar," ujarnya.

Menurutnya, pelaku terorisme telah terindoktrinasi pemahaman takfiri. Aliran ini menganggap orang di luar kelompoknya adalah kafir dan halal harta dan darahnya.

Jenderal polisi bintang dua ini juga telah menginstruksikan untuk memperketat pembesuk napiter di Nusakambangan. Jangan sampai, ia menambahkan, para pembesuk malah terindoktrinasi paham radikal. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top