Cuti, Penyidik Polda Batal Periksa Menteri Sofyan Djalil

publicanews - berita politik & hukumDirektur Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Adi Deriyan saat memberikan keterangan pada wartawan (Foto: Publicanews/Putra)
PUBLICANEWS, Jakarta - Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya batal memeriksa Sofyan Djalil, Menteri Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional. Senin (29/1) ini Sofyan dijadwalkan dimintai keterangan sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek Reklamasi Teluk Jakarta.

"Beliau sedang cuti," ujar Direktur Reskrimsus Kombes Adi Deriyan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan pemeriksaan Sofyan untuk mengetahui ada tidaknya kesalahan dalam Hak Pengelolaan (HPL) dan Hak Guna Bangunan (HGB) di Pantai Utara Jakarta.

"Ada hal-hal yang saat ini muncul, berkaitan HPL, HGB. Sudah banyak sekali media mengangkat masalah itu. Makanya kami mengambil sebetulnya shortcut (jalan pintas), kita coba tanyakan kepada pihak BPN," ujarnya.

Adi menambahkan, alasan pemanggilan Sofyan karena penyidik ingin mengetahui sejarah HGB Pantai Utara Jakarta serta hal-hal yang berkaitan reklamasi tersebut. Namun karena Sofyan masih cuti, polisi akan menjadwalkan ulang pemeriksaannya.

"Tadi dihubungi, namun saat ini beliau sedang berhalangan. Nanti kalau beliau sudah hadir akan informasikan kepada kita," Adi menambahkan.

Selain soal sejarah HGB, penyidik juga ingin mengetahui siapa saja yang berperan dalam proses reklamasi itu.

"Misalnya (dalam proses) pemeriksaan, pengukuran tanah, dan lain-lain. Nanti kalau nama-nama itu muncul kita akan panggil," ia menegaskan.

Penyidik telah memeriksa sekitar 20 saksi. Polda juga telah mengumpulkan sejumlah dokumen berkaitan dengan reklamasi itu. (m-03)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top