Ambon

Kodam Pattimura Musnahkan 725 Senjata Api Sitaan

publicanews - berita politik & hukumPemusnahan Senjata Api oleh Kodam XVI/Pattimura. (Foto:Antara)
PUBLICANEWS, Ambon - Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura Maluku memusnahkan 725 pucuk senjata api sitaan. Pemusnahan dilakukan seusai upacara bendera memperingati HUT ke-72 TNI di Lapangan Merdeka Ambon, Maluku, Kamis (5/10).

"Ratusan pucuk senpi yang kami musnahkan hari ini adalah hasil penyerahan sukarela dari masyarakat kepada petugas," kata Kapendam XVI/Pattimura Kolonel (Arm) Sarkistan Sihaloho di Lapangan Merdeka, Ambon.

Sarkistan menambahkan, senjata ini diperoleh dari satu tahun terakhir. Setidaknya ada 725 pucuk senjata, mulai dari rakitan hingga organik.

"Senjata rakitan seluruhnya akan dihancurkan, untuk senjata organik sebagian dihancurkan dan sebagian lainnya akan diserahkan ke Angkatan Darat untuk dimuseumkan. Di antara senpi-senpi tersebut ada senjata kaliber peninggalan Perancis, Jerman, dan Belanda," ujarnya.

Saat ini Kodam XVI/Pattimura juga sedang melaksanakan Operasi Pengamanan Daerah Rawan. Pada program ini, Kodam minta masyarakat untuk menyerahkan senjata tanpa paksaan.

"Kepada masyarakat yang sukarela menyerahkan senpi, Kodam memberikan kesejahteraan kepada mereka dalam bentuk program Emas Hijau dan Emas Biru," Sarkistam menambahkan. (m-02).

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top